Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Artikel YAKDI

Selasa, 16 Oktober 2012

Kenapa bersyahadat sebagai rukun islam pertama....?

1. Syahadat merupakan prasyarat ditrimanya se luruh ibadah . Tanpa syahadat seluruh kegiat  an agama ,baik salat,puasa ,zakat dan haji tdk  bernilai apa apa .

2. yahadat adalah sebuah persaksian,komitmen ,bai’at,dan janji setia.

3. Dgn bersyahadat berarti seseorang telah mengi kat janji dg Allah ,bersumpah utk bertuhan ke  pada Allah semata . Tdk ada tuhan kecuali Allah .

Maka berarti sebelum seseorang terikat dg  janjiMacam 2 ,terlebih dahulu ia sudah diikat oleh janji setia ini. Syahadat inilah yg awal dan yg  terakhir.

QS, Al Hajj : 78 . “ Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian muslimin dari dulu .Dan (begitu pula) dlm (Al Qur’an ) ini supaya rasul itu men  jadi saksi atas dirimu dan supaya kamu menjadi saksi atas segenap manusia.

Orang Amerika sbelum menjadi Amerika adal ah hamba Allah . Mereka adalah hamba Allah dari Allah kembali kpd Allah.

Orang Arab sbelum menjadi Arab adalah seorang hamba Allah,Karenanya merka harus muslim sbelum menja di bangsa Arab atau bangsa Amerika . Arab bi sa hancur ,Amerika bisa binasa,tetapi Allah te tap kekal se lama2 nya dan semua mahluk akan  kembali kpd Allah swt .

Karenanya Syahadat adalah komitmen kita  yg Pertama dan yg paling utama ,Perjanjian kpd Allah harus dinomor satukan,se bab tdk ada yg lebih penting dlm hidup ini sela in Allah. Allahlah penetu segala 2 nya,tempat semua mahluk bergantung .Krn itu pula semua janji lain apapun bentuk nya dan kpd siapa pun juga,harus diklarifikasi . Kita tdk boleh membuat kontrak janji kpd siapapun juga selainbersesuaian dg kontrak ja nji kita kpd Allah.

Boleh saja kita mengikat janji suami atau istri,akan tetapi janji ini sifatnya tetap relatip alias harus bersyarat. Sebagai seorang muslim yg sudah mengikat janji dg Allah,maka janji kpd selainnya harus seizin Allah, Utk mengetahui izin Allah itu mudah ,tinggal  membuka Al Qur’an dan sunnah.jika tdk ada larangan berarti diperbolehkan Yang kedua,komitmen itu harus bertujuan men cari ridho Allah,ikhlas lillahi ta’ala Jika demikian maka pernikahan antara dua in san ini akan menambah kekuatan islam.

Tapi jika pernikahan itu dimaksudkan sekedar me menuhi kebutuhan biologis semata .maka Allah akan mengutuknya. Apalagi dlm pelaksa naanya tdk mengindahan nilai2 islam Demikian juga dlm komitmen perdagangan ,ja ngan sampai kita melakukan janji atau kontrak dagang yg menyalahi kontrak janji kita kpd Allah.

Caranya mudah, Kita cek apakah ada pasal2 tertentu yg menyalahi syariat ...?

Jika sudah benar ,silahkan lanjutkan . Jika ada  yg melenceng harus distop walaupun menjan jikan keuntungan yg besar dalam dunia politik juga demikian,kita bebas ber kualisi  atau mengadakan aliansi dg pihak2 ter tentu ,asal tetap dlm aturan main yg telah digariskan Allah tujuan akhir dari langkah 2 politisnya juga utk  mencari ridha Allah . QS, Al Maidah : 2 . 

Syahadat itulah yg awal dan yg terakhir.

“Dan bertolong2an lah kalian dlm kebajikan dan  taqwa dan jangan kamu tolong menolong dlm dosa dan pelanggaran.dan bertaqwalah kamu kpd Allah .sesungguhnya Allah amat berat siksanya “ .

Berkumpul dan berserikat tdk dilarang ,Allah me  mbebaskan kita berhimpun dlm suatu organi  sasi apapun namanya . Hanya saja bentuk per  himpunan apapun yg kita lakukan selain kpd Allah ,maka harus disertai syarat . Syarat itu jauhi thogut . 

“Dan sungguh kami telah mengutus pada stiap umat rasul agar(mereka menyeru ) mengabdilah kpd Allah dan jauhilah thaghut . QS.An Nisa: 36 .

Dgn Syahadat sebenarnya kita tdk lagi punya hak apa2 atas diri kita sendiri . Semuanya telah dijual kpd Allah sebab itu jika mau mengadakan ikatan apapun bentuknya,dg pihak manapun juga,jangan sampai mengganggu atau mengurangi komitmen kpd islam .

Bukankah janji seorang muslim sudah begitu jelas dan begitu sering kita ulang .....?

“ Katakanlah ,sesungguhnya salatku ibadahku hidup dan matiku hanyalah utk Allah, Tuhan semesta alam . QS .Al An’am : 162 .

Janji ini bukan main2,dihadapan Allah kita telah teken kontrak dg nilai sangat besar bahwa sesungguhnya hidupdan mati kita serah  kan sepenuhnya kpd Allah .

Kita hidup utk Allah dan mati juga utk Allah . Jika dlm hidup ini kita diperintah beribadah kpd Allah ,harus dilaksanakan secara konsisten . 


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 03.52