Senin, 11 Desember 2017              Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Arti Logo YAKDI

Jumat, 02 April 2010

Filosofi logo YAKDI (Yayasan Akhlaqul Karimah Darul Iman)

Berikut ini, makna (filosofi)dari lambang Logo YAKDI:

1. Allah dan Muhammad

Lambang Allah dan Muhammad berarti tempat berlabuhnya manusia dan semua penghuni alam semesta.

Bagi manusia, pengakuan serta pengikraran tentang keberadaan Allah dan Muhammad secara utuh dan lengkap didalam seluruh aktifitas kehidupan mereka termasuk harmonisasi alam semesta yang menjadi saksi kemaha-besaran Allah adalah sesuatu yang paripurna. Keyakinan tertinggi dan tidak ada lagi yang bisa melebihi ketinggian iman ini.

2. Lambang Hati

Tempat bersemayamnya nur Allah dan dan nur Muhammad di dalam diri manusia.

3. Lingkaran dengan 7 bagian

Angka tujuh melambangkan kebenaran firman Tuhan antara lain pernyataan bahwa bumi dan langit terdiri dari tujuh lapis langit, tujuh lapis bumi. Demikian juga dengan banyaknya jumlah hari yang dilalui manusia, tidak lepas dari angka tujuh.

4. Batang poros

Melambangkan persaudaraan dan kesatuan, batang ini merupakan media penghubung, jalinan yang kuat mengikat nilai-nilai kemuanusiaan dari segala penjuru dunia.

5. Enam kaki : ( tampak depan yang terlihat hanya lima)

Enam kaki yang kokoh ini melambangkan keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa, Penguasa alam semesta. Rincian mengenai hal ini tertuang dalam rukun Iman. Segala aktifitas hidup dan kehidupan manusia , lahir maupun bathin (maa jahara minha wamaa bathan) menjadi bernilai ibadah di sisi Allah SWT, hanya jika aktifitas tersebut didasari nilai keimanan.

6. Dasar warna Merah putih

Melambangkan ciri-ciri manusia, mahluk Allah yang memiliki kelebihan dibanding mahluk yang lain yakni di dalam tubuhnya mengalir sel darah merah dan sel darah putih.



Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA