Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Rabu, 20 Januari 2016

Kiamat Adalah Misteri

Kiamat adalah misteri, rahasia abadi Allah swt yang bahkan seorang Nabi atau Rasul sekalipun tidak diberitahukan dan begitu juga mereka para Nabi dan Rasul tersebut tidak pernah berdoa atau meminta kepada Allah swt untuk dibukakan rahasia tentang kiamat ini. Demikian pula halnya dengan segenap mahluk Allah lainnya seperti gunung dan lautan, binatang, jin dan malaikat sekalipun tidak ada yang tahu tentang rahasia kiamat ini. Jadi hanya Allah swt saja yang mengetahui rahasia kiamat ini.

Apakah yang dirahasiakan Allah tentang kiamat ini?

Rahasia yang terkandung dalam hal kiamat ini adalah kejadian sesungguhnya tentang kiamat ini, cakupan kejadiannya dan kapan waktunya.

Meskipun banyak sekali ayat dan surat dalam al-Qur’an yang menggambarkan tentang kejadian saat kiamat itu, namun bagaimana persisnya kejadian tersebut masih menjadi tanda tanya. Tidak ada seorang pun yang dapat memastikan bagaimana kejadian sesungguhnya saat kiamat itu, oleh sebab apa dan bagaimana asal muasalnya tidak ada yang tahu. Manusia dengan pengetahuan tentang geologi yang tinggi dan teknologi yang sudah berkembang sekalipun tidak mengerti mengapa bumi menjadi hancur lebur saat kiamat.

وَقَالَ الإِنسَانُ مَا لَهَا
“Dan Manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini) ?” (QS 99:3)

Jadi kejadian mengapa kiamat tersebut dapat terjadi adalah sebuah misteri dan hanya Allah saja yang mengetahui rahasianya.

Banyak sekali orang yang berasumsi bahwa semesta raya akan binasa dengan seketika pada saat kiamat tersebut terjadi. Asumsi seperti ini adalah salah, karena sedemikian luasnya alam semesta ini maka tidak ada satu mekanisme fisik yang bisa menghancurkan alam semesta secara seketika.

Semenjak terjadinya Big Bang pertama kali sampai dengan keadaan alam semesta seperti sekarang ini, maka waktu yang diperlukan adalah sekitar 18 milyar tahun lamanya. Selama kurun waktu tersebut alam semesta telah mengembang dari sesuatu yang kira-kira hanya sebesar bola tenis menjadi alam raya dengan luas lebih dari 14 milyar tahun cahaya. Jadi apabila ada suatu kejadian sehingga alam semesta ini hancur, misalnya dengan cara mengkerut menuju ke bentuk asal mulanya yaitu sebesar bola tenis, maka diperlukan waktu sekitar 18 milyar tahun lamanya baru semesta tadi benar-benar hancur kembali ke bentuk asalnya. Tidak mungkin terjadi dengan seketika seperti yang diasumsikan tentang kiamat oleh kebanyakan orang.

Nah, kalau demikian halnya maka boleh jadi cakupan dari kiamat itu sebenarnya adalah kehancuran yang terjadi di bumi ini saja. Bumi ini telah mengalami beberapa kali kejadian malapetaka global dan menyeluruh. Misalnya adalah zaman es yang periodenya akan berulang antara 50 ribu sampai 75 ribu tahun sekali. Bumi menjadi beku selama kurang lebih 9 ribu sampai 10 ribu tahun lamanya. Dengan iklim yang membeku selama itu maka dapat dipastikan bahwa kebanyakan dari spesies hewan, tumbuhan dan bahkan manusia yang hidup di bumi akan mengalami kepunahan.

Apakah kiamat itu identik dengan kejadian seperti zaman es tersebut? Kita tidak tahu dan tidak bisa memastikannya. Hanya Allah saja yang tahu.

Kapankah kejadian kiamat itu terjadi? Apakah manusia bisa meramalkan atau memprediksi kejadian malapetaka itu? Berdasarkan QS Al-Zalzalah ayat 3 tadi dapat disimpulkan bahwa pengetahuan manusia tidak bisa memprediksi kapan terjadinya kejadian malapetaka kiamat itu.

يَسْأَلُونَكَ عَنْ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ
وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا
عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS 7:187)

Kiamat hanya Allah saja yang mengetahui rahasianya. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 23.55