Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Jumat, 10 Juli 2015

Kalam Allah itu Bukan Hanya yg dibukukan dalam Mushaf Al-Quran saja

Banyak sekali orang yg menyangka bahwa seluruh kalam Allah sudah terbukukan dalam mushaf Al-Qur’an yang 6666 ayat itu (6236 ayat menurut ulama Kufah). Paling tidak begitulah pendapat kebanyakan umat Islam dan para ustadz bahwa sudah cukup Al-Quran saja, semuanya sudah lengkap dan terbukukan dalam mushaf Al-Quran tersebut sehingga cukup pulalah hanya berpegang teguh pada ayat-ayatnya saja.

Apakah mushaf Al-Quran yang sering kita baca sudah lengkap berisi semua kalam Allah?

Jawabannya adalah: tidak. Al-Qur’an sendiri yang menjawabnya:
وَلَوْ أَنَّمَا فِي الأَرْضِ مِنْ شَجَرَةٍ أَقْلاَمٌ وَالْبَحْرُ يَمُدُّهُ مِنْ بَعْدِهِ سَبْعَةُ أَبْحُرٍ مَا نَفِدَتْ
كَلِمَاتُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

“Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi), sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”(QS 31:27)

Jadi sesungguhnya Al-Qur’an itu jauh lebih banyak dari sekedar yang 6666 ayat tersebut, karena itulah maka manusia diperintahkan untuk bisa membaca kalam Allah yang tidak terbukukan dalam mushaf tersebut.

Apa fungsi Al-Qur’an?

Mushaf Al-Qur’an pada garis besarnya berisi 3 hal:
1. Cerita tentang Nabi dan Rasul
2. Cerita tentang sejarah manusia dan alam semesta
3. Petunjuk dan Bukti Kebesaran Allah

Fungsi utama Al-Qur’an adalah memberi petunjuk kepada manusia agar selamat dan sejahtera dalam hidupnya di dunia dan di akhirat kelak, serta berhasil dengan selamat untuk mencapai tujuan akhirnya yaitu kembali kepada Allah.

Dengan hanya membaca mushaf Al-Quran saja maka kita tidak akan pernah sampai kepada Allah. Sama halnya dengan rambu petunjuk di jalan, kalau kita hanya memandangi atau membacanya saja maka kita tidak akan pernah beranjak dan sampai ke tujuan. Hanya dengan menjalani perjalanan sesuai dengan rambu petunjuk itulah maka kita akan sampai ke tujuan. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 23.03