Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Minggu, 19 Juli 2015

Islam Membawa Pesan Perdamaian

Agama Islam yang dibawa semenjak Rasul pertama Adam as sampai dengan Rasul Muhammad saw membawa pesan damai bagi segala mahluk. Agama ini diturunkan ke muka bumi ini dengan maksud untuk menciptakan perdamaian abadi antar sesama manusia dan bagi alam semesta.

Islam hadir di bumi nusantara ini bukan dengan cara penaklukan, penindasan ataupun keterpaksaan, akan tetapi berdasarkan contoh tuladan dari nilai-nilai luhur agama yang dibawa dari tanah Arab. Oleh sebab itu maka wajib kiranya kita mencontohnya, kebenaran itu akan tersingkap dengan sendirinya apabila nilai-nilai luhur itu dilaksanakan.

Apabila ada sebagian dari kaum muslimin di nusantara ini diganggu, atau dilecehkan, sebagaimana yang baru-baru ini terjadi di Karubaga, Tolikara, Papua, maka kami menghimbau agar supaya masyarakat muslim tidak melakukan pembalasan atau permusuhan. Perdamaian harus dikedepankan sebagai tameng umat Islam.

Dalam Al-Quran Allah berfirman:
وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
“Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS 8:61)

Pada zaman Rasullullah saw dulu, ketika itu kaum Nasrani Najran datang berkunjung ke Madinah. Ketika tiba saatnya bagi umat Nasrani itu untuk beribadah, dan saat itu belum ada gereja di Madinah, maka Rasullullah saw mempersilahkan umat Nasrani itu untuk menggunakan masjid Nabawi sebagai tempat beribadah. Begitulah contoh dari nilai luhur yang diperlihatkan oleh Nabi kita.

Tidak selamanya membalas, memberangus dan menindak dengan keras merupakan jalan kemenangan, justru dengan memaafkan dan mengalah itulah jalan kemenangan. Nilai luhur bagi umat Islam untuk memaafkan kesalahan harus dipertontonkan, karena Islam adalah agama yang menjunjung perdamaian. (AK)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 12.45