Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Senin, 08 Mei 2017

Perintah Berzikir Di Waktu Pagi Dan Petang

Sesungguhnya Allah swt memerintahkan kita semua untuk berzikir di dalam hati kita di waktu pagi dan petang. Perintah untuk berzikir tersebut sama hukumnya dengan perintah sholat. Perintah ini dicantumkan di dalam al-Quran sebagai suatu ketentuan yang wajib untuk dijalankan oleh orang-orang yang beriman.

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ
وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS 7:205)

Apabila kita tidak melaksanakan atau mengabaikan perintah ini, yaitu tidak melaksanakan zikir di dalam hati dengan merendahkan diri dan rasa takut di waktu pagi dan petang, maka kita termasuk orang-orang yang lalai.

Tahukah anda apakah yang dimaksud dengan orang-orang yang lalai itu? Orang-orang yang lalai adalah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya sudah dikunci mati oleh Allah.

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ طَبَعَ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ وَسَمْعِهِمْ وَأَبْصَارِهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
“Mereka itulah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci mati oleh Allah, dan mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS 16:108)

Jadi apabila saat ini kita melihat manusia lain, kebanyakan dari mereka lalai dari berzikir kepada Allah di dalam hatinya pada waktu pagi dan petang, maka perhatikanlah keadaan orang tersebut. Hatinya menjadi mati karena tidak bisa merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan ini. Pendengaran dan penglihatan orang tersebut juga tidak bisa mendengar petunjuk dari Allah dan melihat pertanda-pertanda petunjuk Allah yang ditebarkan dibalik setiap peristiwa di sekeliling kita.

Coba perhatikan lagi orang-orang di sekeliling kita, banyak sekali yang seperti itu bukan?

Biarlah, kebanyakan manusia itu. Hati, pendengaran dan penglihatan mereka lalai. Kita yang sedikit ini, mari kita melaksanakan perintah Allah yaitu berzikir di waktu pagi dan petang di dalam hati, dengan merendahkan diri dan rasa takut. Pasti, dijamin oleh Allah swt bahwa hati, pendengaran dan penglihatan kita tidak akan lalai. Awas dan sensitif terhadap segalam macam petunjuk dan pertanda dari Allah swt. Pasti. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 22.41