Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Minggu, 04 Juni 2017

Ibadah Di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan ini, banyak sekali umat Islam yang mengisi waktunya dengan kegiatan ibadah. Berbagai macam kegiatan ibadah yang dilakukan seperti misalnya mengkhatamkan al-Quran atau sholat tarawih atau beri’tikaf di masjid. Kesemuanya itu dilakukan dalam rangka memperoleh pahala yang sebesar-besarnya, karena menurut penjelasan banyak penceramah dikatakan bahwa melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan akan memperoleh ganjaran pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Oleh karena ingin mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya maka banyak dari kaum muslimin di negeri ini yang memanfaatkan waktunya untuk membaca al-Quran atau melaksanakan sholat malam sebanyak-banyaknya.

Mengenai hal ini, teringat kita pada wejangan guru kita dahulu. Beliau mengajarkan bahwa ibadah yang paling utama untuk dilakukan di bulan Ramadhan sebanyak-banyaknya adalah beerzikir kepada Allah swt. Tidak ada ibadah lainnya yang diperintahkan Allah untuk dilakukan sebanyak-banyaknya, kecuali ibadah berzikir kepada Allah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS 33:41)

Dibandingkan dengan membaca al-Quran dan Sholat, maka yang jauh lebih utama dilakukan adalah berzikir mengingat Allah swt.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ
وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS 29:45)

Demikianlah uraian singkat mengenai ibadah yang seharusnya banyak dilakukan selama bulan Ramadhan ini, yaitu berzikir mengingat Allah. Itulah ibadah yang banyak dilakukan oleh para Nabi dan Rasul Allah sebelumnya. Mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini, Allah lah yang senantiasa ada dalam ingatan kita, bukan bacaan kita atau gerakan sholat kita. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 23.57