Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Sabtu, 22 Juli 2017

Sholat Saja Tidak Cukup

Guru kita mengajarkan bahwa setelah sehabis sholat semestinya kita lanjutkan dengan berzikir kepada Allah swt, jadi seharusnya bukan kemudian dilanjutkan dengan berdoa lagi, karena sholat itu sendiri pada hakekatnya sudah berisi doa dan permohonan. Sehingga semestinya setelah sehabis sholat kita lanjutkan dengan berzikir kepada Allah swt sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepadaNya dan menyerahkan doa yang kita panjatkan saat sholat tadi ke atas Arasy Allah Yang Mulia.

Sebenarnya ibadah sholat itu sendiri tidak akan menjamin seorang muslim selamat dunia dan akhirat, karena ternyata menurut Allah swt sendiri orang yang sholat itu bisa jadi celaka.

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ
الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya.” (QS 107:4-5)

Jadi sholat saja tidak cukup, karena orang yang sholat akan tapi apabila masih lalai dari sholatnya maka dia akan celaka. Kemudian, siapakah yang dimaksud dengan orang yang lalai dari sholatnya? Orang yang lalai dari sholatnya adalah orang-orang yang sehabis sholat mereka lupa dari berzikir kepada Tuhannya, dan orang-orang yang lupa dari berzikir kepada Allah itulah yang dimaksud dengan orang-orang yang lalai.

Allah memerintahkan kita agar sehabis sholat kita banyak-banyak berzikir dalam rangka untuk mengingat Allah swt. Berikut ini adalah firmanNya yang memerintahkan hal tersebut.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berzikirlah mengingat Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS 62:10)

Apabila kita termasuk orang-orang yang tidak suka berzikir mengingat Allah sehabis sholat, maka niscaya kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang lalai. Berikut ini adalah firman Allah swt yang memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan zikir di dalam hati mereka agar supaya mereka tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang lalai. Orang-orang yang lalai adalah orang yang tidak suka berzikir mengingat Allah swt.

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
“Dan berzikirlah menyebut (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS 7:205)

Sehingga dengan demikian maka menurut firman Allah tersebut di atas, orang-orang yang hanya melakukan sholat, kemudian setelah sholat mereka lupa dari berzikir kepada Allah, maka mereka termasuk orang-orang yang lalai. Dan orang-orang yang lalai dari sholat mereka itu adalah termasuk orang-orang yang celaka.

Jadi sholat saja tidak cukup, seorang muslim harus melaksanakan zikir di dalam hati mereka sebanyak-banyaknya. Inilah cara yang diajarkan Allah swt agar supaya kita tidak celaka di dunia dan akhirat. Sholat saja tanpa berzikir bisa mengakibatkan celaka. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 21.49