Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Rabu, 03 Januari 2018

Pesan Utama al-Quran

Dalam suatu malam pengajian, guru kita mengajarkan kepada murid-muridnya tentang isi pesan utama dalam al-Quran itu sebenarnya adalah sebuah perintah Allah swt. Sebuah Perrintah yang sangat kuat yang ditujukan kepada seluruh orang-orang yang beriman. Inilah dia pesan utama dari keseluruhan isi kandungan al-Quran dan ternyata terkandung dalam ayat al-Quran berikut ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ
غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS 66:6)

Jadi pesan utama dari keseluruhan isi al-Quran itu adalah perintah Allah swt kepada orang-orang yang beriman agar mereka menjaga diri mereka dari api neraka. Demikian juga Allah swt memerintahkan kepada seluruh orang-orang yang beriman untuk turut serta menjaga dan memelihara keluarganya agar tidak tersentuh api neraka.

Dalam hal ini guru kita juga menjelaskan bahwa keluarga tidak hanya merupakan anak, istri, saudara kita semata, tetapi juga bisa diartikan lebih luas lagi seperti kaum kerabat, warga di lingkungan kita ataupun bahkan bangsa kita seluruhnya.

Jadi ternyata, neraka adalah suatu keniscayaan bagi manusia. Tanpa berjuang dengan gigih, maka manusia dan jin pasti akan terjerumus kedalam neraka. Jadi bisa anda bayangkan sendiri, bahwa ternyata orang-orang tua kita, kakek dan nenek, buyut, dan juga anak-anak serta cucu-cucu ketrurunan kita, mereka semuanya itu pasti akan masuk kedalam neraka. Pasti. Karena hal tersebut sudah menjadi ketetapan yang digariskan oleh Allah swt sendiri.

Berikut ini adalah ayat al-Quran yang menyatakan bahwa Allah swt memang sudah menetapkan Fiman-Nya yaitu bahwa kelak nanti neraka jahanam akan penuh sesak dengan jin dan manusia.

وَلَوْ شِئْنَا لَآتَيْنَا كُلَّ نَفْسٍ هُدَاهَا وَلَٰكِنْ حَقَّ الْقَوْلُ مِنِّي لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
“Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah perkataan dari pada-Ku: "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama". (QS 32:13)

Kecuali orang-orang yang diberi petunjuk dan yang diberi Rahmat Allah swt. Mereka lah segelintir dari manusia yang bebas dari api neraka. Mereka lah segelintir kecil dari manusia yang diselamatkan Allah swt dari api neraka. Hanya segelintir kecil itu saja dari kebanyakan manusia.

إِلَّا مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ ۚ وَلِذَٰلِكَ خَلَقَهُمْ ۗ وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
“kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat Tuhanmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan: sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia semuanya.” (QS 11:119)

Demikianlah maka kemudian ayat-ayat lainnya dalam al-Quran menjelaskan Petunjuk Allah swt kepada manusia bagaimana caranya agar manusia bisa terhindar dari api neraka. Berzikir, sholat, puasa dan lain-lainnya itu adalah dalam rangka menjelaskan kepada manusia bagaimana caranya agar supaya terhindar dari api neraka.

Barangsiapa yang tidak pernah berusaha dan berjuang untuk dapat menggapai Ridho dan Rahmat Allah swt, maka sudah pasti dia akan terjerumus kedalam api neraka bersama-sama dengan jin yang durhaka. Oleh sebab itu maka berusaha dan berjuanglah, karena tidak ada yang gratis untuk mencapai Keridhoan dan Rahmat Allah swt. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 22.25