Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Selasa, 8 September 2015

Pasrahlah Kepada Allah maka Anda akan Selamat

Apabila ada seorang anak kecil berjalan di sisi jalan raya yang ramai dengan kendaraan lalu lalang. Anak tersebut belum memiliki kesadaran tentang situasi dan kondisi di sekelilingnya, dia hanya mengerti apa yang ada di dalam dirinya, yaitu pikiran dan kehendaknya sendiri. Apabila anak tadi tidak mau dibimbing atau digandeng oleh orang tuanya, maka boleh jadi anak tadi akan celaka karena tersenggol atau tertabrak kendaraan yang lewat.

Demikian juga dengan manusia dalam menjalani kehidupan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan lalu lintas kendaraan tadi. Manusia tidak mengerti bagaimana hukum kehidupan ini berlaku, tidak mengerti apa yang akan terjadi sesudah ini. Maka tanpa dituntun dan dibimbing dengan cara men-pasrahkan diri kepada Allah swt Yang Maha Mengetahui, maka boleh jadi manusia juga akan celaka.

Seseorang yang beragama Islam, maka wajib baginya untuk bersumpah dalam syahadatnya bahwa sebagai hamba dia men-pasrahkan dirinya kepada Allah dalam segala urusan dan persoalan di dunia ini dan di akhirat nanti.

Kepasrahan total kepada Allah swt adalah bagian dari sumpah sejati seorang manusia tatkala dia bersyahadat.

Mengucapkan dua kalimat syahadat dapat dilakukan oleh siapa saja, oleh semua orang dari berbagai pemeluk agama. Bahkan seekor burung beo pun apabila dilatih, bisa juga mengucapkan dua kalimat syahadat. Sehingga dalam penjelasannya guru mengatakan bahwa: mengucapkan dua kalimat syahadat saja tidak cukup.

Seseorang harus bersumpah dalam syahadatnya dengan kepasrahan total hanya kepada Allas saja, pasrah didalam bimbingan dan tuntunan Allah saja, niscaya orang tersebut akan selamat dalam perjalanan hidupnya, orang tersebut akan ‘Islam’. (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 23.02