Opini Aktual

Minggu, 12 Agustus 2018

Mencegah Perpecahan

Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan umum yang akan menentukan pemerintahan di Indonesia untuk masa 5 tahun kedepan. Apa jadinya apabila dalam pemilihan umum tersebut, ulama ikut menjadi kandidat? Apa jadinya apabila dalam pemilihan umum tersebut, agama dijadikan dalih untuk kepentingan politik?

Bangsa ini adalah bangsa yang berdasarkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka apabila agama sudah dijadikan sebagai dalih untuk mempengaruhi rakyat agar memilih suatu kepentingan partai politik tertentu, maka hal ini akan mengundang potensi perpecahan diantara penganut agama.

Umat Islam di Indonesia adalah juga termasuk umat yang sangat menghormati dan patuh kepada para ulamanya, maka apabila ulama sudah ikut berpartisipasi menjadi kandidat atau menjadi calon anggota legislatif dalam pemilihan umum, maka hal ini akan mengundang potensi perpecahan diantara umat Islam.

Terhadap bahaya perpecahan dan konflik diantara anak bangsa ini, maka guru kita berpesan agar supaya seluruh murid-murid beliau dan kita semuanya mawas diri, mendekatkan diri pada tali Allah swt seraya senantiasa berzikir sebanyak-banyaknya. Memohon pertolongan Allah swt agar supaya bangsa ini selamat dari ancaman perpecahan. Caranya tidak lain hanyalah dengan kembali kepada tali Allah swt.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ
قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ
كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS 3:103)

Apakah tali Allah itu? Yaitu petunjuk dan bimbingan dari Allah swt kepada umat Islam agar supaya kita senantiasa berpegang teguh pada petunjuk tersebut dan jangan sampai lepas atau lengah. Caranya adalah dengan berzikir mengingat Allah swt di setiap waktu sebanyak-banyaknya, maka Allah swt pasti akan menurunkan petunjukNya.

Jangan sampai pemilihan umum mendatang justru menjadi ajang perpecahan, oleh sebab itu mari kita sama-sama berpegang teguh kepada tali Allah tersebut. Mudah-mudahan bangsa ini selamat melewati masa-masa pemilihan umum nanti. (AK/ST)


Diposkan Oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN at 23.56