Opini Aktual

Rabu, 05 September 2018

Membersihkan Hati

Pada malam tanggal 17 Agustus yang lalu, pada saat perayaan hari jadi YAKDI yang ke-19, guru kita berpesan kepada murid-muridnya. Bahwa syarat utama agar zikir Syahadat, Istighfar dan Sholawat yang kita laksanakan dapat diridhoi oleh Allah swt, maka kita wajib untuk membersihkan akal dan pikiran serta hati kita.

Sebagaimana tanaman maka dia akan tumbuh besar dan kuat jika ditanam di atas tanah yang subur lagi baik. Demikian juga dengan Syahadat, Istighfar dan Sholawat, dia akan tumbuh besar dan kuat apabila ditanam di atas akal, pikiran dan hati yang bersih.

وَالْبَلَدُ الطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُ بِإِذْنِ رَبِّهِ ۖ وَالَّذِي خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا ۚ كَذَٰلِكَ نُصَرِّفُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَشْكُرُونَ
“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS 7:58)

Guru mengingatkan agar supaya kita tidak memiliki sifat berburuk sangka terhadap apa pun. Belajar membersihkan hati, karena hanya dari hati yang bersih dan suci saja lah maka Syahadat, Istighfar dan Sholawat akan dapat menyatu dengan diri kita.

Apabila hati seseorang bersih dan baik, maka akan baik juga darah dan seluruh tubuh orang tersebut. Karena baik atau buruknya tubuh kita sangat dipengaruhi oleh kebersihan hati.

Berhasil atau tidaknya upaya kita dalam membersihkan hati akan menentukan nasib kita di akhirat kelak. Barang siapa yang berhasil, maka Allah swt sendiri nanti yang akan memberi ucapan selamat.

سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ
“(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.” (QS 36:58)

Jadi ucapan Selamat itu akan disampaikan oleh Allah swt langsung kepada orang-orang yang telah selamat dalam ujian kehidupan di dunia. Jadi Allah swt langsung yang akan menyatakan apakah seseorang itu Selamat (Islam) atau kah tidak. (AK/ST)


Diposkan Oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN at 23.34