Opini Aktual

Selasa, 25 Desember 2018

Membentengi Diri dari Iblis

Kebanyakan pengajian dan ceramah yang diadakan oleh umat Islam saat ini tidak pernah memperhitungkan sepak terjang dan perbuatan iblis. Kebanyakan dari kita tidak memperdulikannya, bahkan meskipun mengerti bahwa iblis adalah musuh manusia, akan tetapi kebanyakan dari kita tidak pernah berusaha untuk melawannya.

Apakah seseorang yang sering mengikuti pengajian, atau sering memberikan ceramah dan khutbah masih bisa terpengaruh dan terpedaya oleh hasutan iblis? Jawabannya adalah Ya. Meskipun sering mengikuti pengajian, tidak menjamin seseorang akan bebas dari pengaruh iblis. Karena memang isi dari kebanyakan pengajian di negeri ini hanyalah membahas masalah seputar hukum fiqh dan syariat semata.

Boleh jadi saat ini, kebanyakan dari kita telah termakan oleh pengaruh iblis, tanpa kita sadari. Seakan-akan semua itu adalah murni dari dalam diri kita sendiri, padahal kenyataannya itu semua berasal dari bisikan iblis di pikiran dan perasaan kita.

Bagaimana caranya agar kita bisa terbebas dari pengaruh iblis? Guru kita mengajarkan kepada murid-muridnya bahwa satu-satunya cara untuk membebaskan diri dari pengaruh iblis ialah dengan cara banyak-banyak berzikir kepada Allah swt.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS 33:41)

Pada hari ini, apabila kita sedikit sekali dalam berzikir kepada Allah swt, boleh jadi tanpa disadari kita telah terpedaya oleh tipu muslihat iblis. Siapa pun orangnya, baik itu seorang ustadz atau pun ulama besar, apabila dia jarang sekali berzikir kepada Allah swt, maka dia pasti akan terpengaruh oleh hasutan iblis. Disadari atau pun tidak disadari.

Apakah seseorang yang seluruh waktunya dipergunakan untuk berdakwah, memperjuangkan agama Islam, akan tetapi dia jarang sekali berzikir, akan dapat terpengaruh juga oleh hasutan iblis? Jawabannya adalah Ya.

Dalam beberapa kesempatan guru kita membuktikan hal yang seperti ini. Hanya dengan banyak-banyak berzikir kepada Allah swt saja, maka hati dan pikiran kita akan terbebas dari hasutan dan tipu daya iblis. (AK/ST)


Diposkan Oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN at 21.21