Opini Aktual

Senin, 08 Juli 2019

Merindukan Allah swt

Allah swt adalah Zat Yang Maha Gaib, yang tersembunyi dan tidak dapat dilihat oleh mata kepala. Oleh sebab itu maka untuk dapat merindukan Zat Yang Maha Gaib tersebut, kita harus terlebih dahulu mengenalNya.

Dalam acara pengajian, ustadz Syahrul menerangkan bahwa tidak mungkin seseorang yang tidak mengenal Allah swt akan memiliki rasa kerinduan untuk berjumpa denganNya. Sehingga dengan demikian maka mengenal Allah swt adalah menjadi suatu keharusan bagi mereka yang mengharap-harap perjumpaan denganNya.

Selain itu, untuk dapat memupuk rasa kerinduan dengan Allah swt, kita diwajibkan untuk senantiasa beramal sholeh dalam rangka mendekatkan diri dan jiwa kita kepada Allah swt, caranya yaitu dengan melaksanakan zikir dalam rangka mengingat Allah swt sebanyak-banyaknya. Tentu saja selain itu kita juga harus menjauhkan diri dari hal-hal yang dibenci Allah swt, yaitu menyekutukan DiriNya.

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا
وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

“Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.” (QS 18:110)

Tanpa dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk mengenal Allah swt, beramal sholeh demi mendekatkan diri kepadaNya dan berzikir untuk senantiasa mengingatNya, maka mustahil seseorang itu akan memiliki rasa kerinduan kepada Allah swt. Rindu untuk berjumpa denganNya. (AK/SY)


Diposkan Oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN at 23.40