Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Opini Aktual

Senin, 26 Oktober 2015

Bencana Nasional Kabut Asap

Pada suatu waktu dalam sebuah acara pengajian, guru menjelaskan kepada murid-muridnya bahwa apa yang terjadi di Indonesia saat ini adalah azab dari Allah. Termasuk diantaranya adalah bencana nasional kabut asap yang melanda sebagian besar penduduk di Indonesia bagian utara.

Kendati meskipun begitu, sebagian besar ulama dan pendapat umum kaum muslimin saat ini masih meng-kategorikan bencana asap tersebut sebagai ujian dari Allah. Meskipun pendapat tersebut tidak memiliki dasar sama sekali, tidak merujuk kepada dalil yang kuat atau informasi dari Allah swt sendiri. Mereka yang berpendapat seperti itu sebenarnya berada dalam keragu-raguan.

Sekarang marilah kita membuka ayat suci al-Qur’an dalam surat ad-Dukhan (Kabut Asap) berikut ini:
بَلْ هُمْ فِي شَكٍّ يَلْعَبُونَ
فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ
يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Tetapi mereka bermain-main dalam keragu-raguan. Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut asap yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” (QS 44:9 ~ 11)

Jadi berdasarkan ayat ini maka nyatalah bahwa kabut asap tersebut merupakan azab dari Allah, dan bukan merupakan ujian.

Sedemikian pedihnya azab Allah sehingga kabut asap yang saat ini tengah melanda lebih dari 6 propinsi di Indonesia telah menyengsarakan lebih dari 24 juta penduduk. Kabut asap yang sangat pekat tersebut berada pada level 6 kali lipat dari ambang batas bahaya, sedemikian pekatnya sehingga kabut asap ini telah membawa korban berupa sakit pernafasan akut kepada lebih dari setengah juta jiwa.

Apa Penyebab Azab Kabut Asap?

Sebagian besar para ulama di Indonesia tidak pernah berfikiran mengapa Indonesia dengan penduduk Islam terbesar di dunia bisa di-azab oleh Allah? Bagaimana mungkin ini? Apa yang menjadi penyebabnya?

Guru menjelaskan bahwa sedemikian besarnya jumlah umat Islam di Indonesia tidak ada artinya apa-apa, karena ternyata jumlah orang yang beriman sedikit sekali. Itulah yang menjadi penyebab mengapa bangsa ini di-azab oleh Allah. Sehingga dengan demikian jawaban untuk bisa lepas dari azab Allah adalah menyadarkan penduduk bangsa ini dari segala kekeliruannya, kembali kepada iman kepada Allah azza wajalla.

Persis dengan bunyi ayat berikutnya dari surat ad-Dukhan tadi:
رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ إِنَّا مُؤْمِنُونَ
“(Mereka berdoa): Ya Rabb kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman.” (QS 44:12)

Saudaraku, hanya dengan iman kepada Allah saja, maka azab akan diangkat pergi dari bangsa ini. Tidak ada jalan lain dan tidak ada kesimpulan lainnya, begitulah adanya. Tidakkah anda percaya? (AK/ST)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 22.45